Kunci Diet, Konsumsi Makanan Penutup Lebih Dulu


Reyoet, Washington: Umumnya, makanan penutup disajikan di akhir makan besar. Namun penelitian terbaru menunjukkan makanan penutup yang diberikan lebih awal bisa membuat diet seseorang bekerja lebih baik.

Para peneliti mengatakan kunci diet seseorang harus lebih memperhatikan jumlah makanan yang tidak sehat yang mereka konsumsi.

Menurut peneliti, pengendalian seseorang soal diet biasanya bertempur melawan kemauan dan keinginan. Namun konsumen tidak bisa bergantung sepenuhnya pada kemauan untuk mengendalikan makan mereka.

"Mereka juga perlu menciptakan situasi yang akan membuat mereka kehilangan minat dengan makanan. Salah satu caranya lebih menelusuri jumlah makanan yang tidak sehat yang mereka makan," tulis penulis Joseph P. Redden, Ph.D., dan Kelly L. Haws, Ph.D., seperti dikutip dari laman psychcentral, Sabtu (15/9).

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Consumer Research. Lantas apakah mereka yang berhasil diet memiliki banyak kemauan? Atau mereka lebih cepat puas?

Untuk menjawabnya, Redden dan Haws melakukan serangkaian penelitian dan menemukan bahwa konsumen yang berhasil mengendalikan diet mereka sedikit mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena mereka cepat puas.

Mereka juga menemukan bahwa banyak konsumen yang kurang bisa mengontrol diri mampu membangun kontrol yang lebih besar ketika mereka lebih memperhatikan seberapa banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Pasalnya, cara simpel itu membuat mereka lebih cepat puas.

Dalam sebuah percobaan, sekelompok konsumen diminta mengonsumsi makanan yang sehat atau camilan yang tidak sehat. Beberapa konsumen diminta untuk menghitung berapa kali mereka menelan camilan.

Konsumen yang menghitung berapa kali mereka memakan camilan ternyata lebih cepat puas meskipun mereka kurang bisa mengontrol diri. Memantau berapa banyak mereka makan bisa membuat konsumen yang kurang bisa mengontrol diri menjadi lebih bisamengontrol diri.

Singkatnya, menghitung makanan yang tidak sehat yang kita konsumsi itu adalah kuncinya. Dan jika itu sama halnya dengan mengonsumsi makanan penutup terlebih dahulu, maka itu berfungsi juga.

"Diet itu harus fokus pada jumlah makanan yang tidak sehat, bukan jumlah makanan sehatnya. Memantau makanan yang sehat justru bisa menjadi kontraproduktif dengan tujuan mengonsumsi makanan sehat. Jadi rahasia sukses diet adalah mengetahui kapan harus memantau makanan Anda," ujar penulis menyimpulkan.

1 comment:

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About